14 Januari 2016

softskill gojek

Nama: Aldian Ismantoro
NPM: 10513611
KELAS: 3PA09


Sejarah Gojek


Bicara tentang Gojek tak kan pernah lepas dari sosok Nadiem Makarim. Sebagai star up di bidang transportasi ojek online, Go-Jek memang fenomenal. Banyak masyarakat menyambut baik kehadiran Go-Jek. Lalu bagaimana sejarahnya Go-Jek?

Go-Jek lahir dari ide sang CEO dan Managing Director Nadiem Makarim yang mengaku seorang pengguna ojek. Ojek yang merupakan kendaran motor roda dua ini memang transportasi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan kota.

Dengan pengalamannya saat naik ojek di jalanan yang macet inilah ia kemudian menciptakan Go-Jek, sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern berbasis pesanan. PT Go-Jek Indonesia yang sudah melewati perjalanannya sejak tahun 2011 kini sudah memiliki 1.000 armada ojek yang tersebar di seluruh kawasan Jabodetabek.


Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai komunitas bisnis maupun sosial.
Di situs resminya disebutkan bahwa layanan Go-Jek adalah sebagai berikut:
1. Jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city),
2. Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker),
3. Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek),
4. Jasa belanja dengan nominal di bawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket, medicine, anything under Rp 1.000.000. We’ll pay for it first).
Kiat sukses GOJEK di industry transportasi
Karena ojek modern yang dipadukan dengan Teknologi dan Aman Nadiem memadukan teknologi di usahanya ini dimana pelanggan bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk menggunakan layanan Go-jek. Selain itu ojeknya pun dilengkapi dengan GPS sehingga posisi ojek bisa dipantau melalui smartphone. Tarifnya pun bisa terukur dari seberapa jauh jarak yang ditempuh. Selain itu, cara pembayarannya pun menggunakan credit (My Wallet). Dari sisi keamanan, selain menggunakan teknologi tersebut, para pengojek di gojek sudah berpengalaman dan memiliki isin berkendara.

Analisa Prospek jangka panjang GOJEK
ANALISIS SWOT GO-JEK INDONESIA
1.      Sthrenghts
Kekuatan dari dalam yang dimiliki oleh Go-jek adalah satu-satunya model alat transportasi umum yang menawarkan berbagai macam kemudahan Selain menyediakan jasa antar jemput penumpang, Go-Jek juga menyediakan jasa lain yang cukup membantu seperti kurir instan, dan personal shopping tercepat, selain itu keunggulan dari go-jek ini adalah menggunakan layanan sms, telephon dan aplikasi mobile jadi penumpang tidak perlu menghampiri tukang ojek cukup telephon atau mengirim pesan Go-jek akan menghampiri anda.
2.      Weakness
Kelemahan dari Go-jek ini adalah ketika pelanggan menggunakan layanan personal shopping mungkin barang yang di inginkan kurang sesuai dengan yang di inginkan ketika kurang lengkap menjelaskan barang apa yang ingin dibeli dan saat ini go-jek masih menyediakan credit untuk pembelian barang tidak lebih dari satu juta rupiah.
3.      Oportunities
Peluang yang yang dimiliki Go-jek ini adalah Go-jek dapat memperluas jangkauan nya sampai ke kota-kota besar di indonesia bukan hanya di Jakarka karena dengan adanya Go-jek Indonesia ini dapat juga membantu Tukang Ojek lainnya dalam hal beroperasi sehingga struktur tranportasi umum di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.
4.      Threaths
Ancaman yang akan dihadapi go-jek saat ini adalah munculnya pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama.


Kesimpulan

Dari pandangan saya Gojek memiliki sistem organisasi yang baik dari pandangan
Transportasi, Sumber daya manusia yang di butuhkan, komunikasi
Antar pegawai gojek dengan costumers
Untuk jangka panjang mungkin di butuhkan transportasi online seperti gojek ini
Meski banyak saingan tapi gojek tetap meningkatkan kualitas pemasaran

Agar costumers terpuaskan dari segi kualitas dan pelayanan

0 komentar:

Posting Komentar

 
;