Nama: Aldian Ismantoro
NPM: 10513611
KELAS: 3PA09
Sejarah Gojek
Bicara tentang Gojek tak kan pernah lepas dari sosok Nadiem
Makarim. Sebagai star up di bidang transportasi ojek online, Go-Jek memang
fenomenal. Banyak masyarakat menyambut baik kehadiran Go-Jek. Lalu bagaimana
sejarahnya Go-Jek?
Go-Jek lahir dari ide sang CEO dan Managing Director Nadiem Makarim yang mengaku seorang pengguna ojek. Ojek yang merupakan kendaran motor roda dua ini memang transportasi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan kota.
Dengan pengalamannya saat naik ojek di jalanan yang macet inilah ia kemudian menciptakan Go-Jek, sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern berbasis pesanan. PT Go-Jek Indonesia yang sudah melewati perjalanannya sejak tahun 2011 kini sudah memiliki 1.000 armada ojek yang tersebar di seluruh kawasan Jabodetabek.
Go-Jek lahir dari ide sang CEO dan Managing Director Nadiem Makarim yang mengaku seorang pengguna ojek. Ojek yang merupakan kendaran motor roda dua ini memang transportasi yang sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan kota.
Dengan pengalamannya saat naik ojek di jalanan yang macet inilah ia kemudian menciptakan Go-Jek, sebuah layanan antar jemput dengan ojek modern berbasis pesanan. PT Go-Jek Indonesia yang sudah melewati perjalanannya sejak tahun 2011 kini sudah memiliki 1.000 armada ojek yang tersebar di seluruh kawasan Jabodetabek.
Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai komunitas bisnis maupun sosial.
Di situs resminya disebutkan bahwa layanan Go-Jek adalah sebagai berikut:
1. Jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city),
2. Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker),
3. Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek),
4. Jasa belanja dengan nominal di bawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket, medicine, anything under Rp 1.000.000. We’ll pay for it first).
Kiat sukses GOJEK di industry transportasi
Karena ojek modern yang dipadukan dengan Teknologi
dan Aman Nadiem memadukan teknologi di usahanya ini dimana pelanggan
bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk menggunakan layanan Go-jek.
Selain itu ojeknya pun dilengkapi dengan GPS sehingga posisi ojek bisa dipantau
melalui smartphone. Tarifnya pun bisa terukur dari seberapa jauh jarak yang
ditempuh. Selain itu, cara pembayarannya pun menggunakan credit (My Wallet).
Dari sisi keamanan, selain menggunakan teknologi tersebut, para pengojek di
gojek sudah berpengalaman dan memiliki isin berkendara.
Analisa Prospek jangka panjang GOJEK
ANALISIS SWOT GO-JEK
INDONESIA
1. Sthrenghts
Kekuatan dari dalam yang dimiliki oleh Go-jek adalah satu-satunya
model alat transportasi umum yang menawarkan berbagai macam kemudahan Selain menyediakan jasa antar jemput penumpang, Go-Jek juga
menyediakan jasa lain yang cukup membantu seperti kurir instan, dan
personal shopping tercepat, selain itu keunggulan dari go-jek ini adalah
menggunakan layanan sms, telephon dan aplikasi mobile jadi penumpang tidak
perlu menghampiri tukang ojek cukup telephon atau mengirim pesan Go-jek akan
menghampiri anda.
2. Weakness
Kelemahan dari Go-jek ini adalah ketika pelanggan menggunakan
layanan personal shopping mungkin barang yang di inginkan kurang sesuai dengan
yang di inginkan ketika kurang lengkap menjelaskan barang apa yang ingin dibeli
dan saat ini go-jek masih menyediakan credit untuk pembelian barang tidak lebih
dari satu juta rupiah.
3. Oportunities
Peluang yang yang dimiliki Go-jek ini adalah Go-jek dapat
memperluas jangkauan nya sampai ke kota-kota besar di indonesia bukan hanya di
Jakarka karena dengan adanya Go-jek Indonesia ini dapat juga membantu Tukang
Ojek lainnya dalam hal beroperasi sehingga struktur tranportasi umum di Indonesia
menjadi lebih baik kedepannya.
4. Threaths
Ancaman yang akan dihadapi go-jek saat ini adalah munculnya
pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama.
Kesimpulan
Dari pandangan saya Gojek memiliki sistem organisasi yang baik
dari pandangan
Transportasi, Sumber daya manusia yang di butuhkan, komunikasi
Antar pegawai gojek dengan costumers
Untuk jangka panjang mungkin di butuhkan transportasi online
seperti gojek ini
Meski banyak saingan tapi gojek tetap meningkatkan kualitas
pemasaran
Agar costumers terpuaskan dari segi kualitas dan pelayanan
0 komentar:
Posting Komentar